re_STOCK OPNAME KOLEKSI TANDON

Perpustakaan di lingkungan akademik perguruan tinggi merupakan ujung tombak akses informasi akademik yang digunakan para pemustaka di perguruan tinggi (dalam hal ini meliputi mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, bahkan tamu umum dari luar yang menggunakan jasa perpustakaan) untuk menelusur dan mencari sumber bahan pustaka. Di perguruan tinggi, perpustakaan diistilahkan sebagai the hearth of university. Artinya perpustakaan sebagai pusat sumber daya informasi menjadi tulang punggung gerak majunya suatu institusi terutama institusi pendidikan, dimana tuntutan untuk adaptasi terhadap perkembangan informasi sangat tinggi.

Koleksi tandon sebagai salah satu jenis koleksi yang dilayankan di perpustakaan. Koleksi tandon adalah salinan terakhir atau salinan pertama dari setiap judul buku yang ada dan dimiliki perpustakaan. Di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, koleksi tandon dilayankan pada ruang layanan tersendiri dan dikategorikan sebagai koleksi book on reserve, yakni koleksi yang hanya untuk dibaca ditempat dan/atau bisa dipinjam selama 1 (satu) hari sesuai ketentuan yang berlaku di perpustakaan.

“Mengingat pentingnya keberadaan koleksi ini, maka di tahun layanan 2024 ini, perpustakaan UIN Sultan Syarif Kasim Riau melakukan re_stock ketersediaan koleksi tandon, dan diminta saudara Dr. Rasdanelis untuk mengkoordinirnya” ungkap Kepala Perpustakaan Dr. Muhammad Tawaf. “Kegiatan re_stock ini dimaksudkan untuk mendata dan memetakan ulang koleksi” ditambahkanya.

Adapun langkah-langkah re_stock yang dilakukan, seperti dijabarkan Dr. Rasdanelis, yakni:

  • Mengecek ketersediaan koleksi pada database
  • Memperbaiki kesalahan data pengatalogan deskritif dan subyek pada database
  • Melakukan entri data sebagai koleksi baru, jika tidak tersedia pada database
  • Memberi label warna sesuai klasifikasi dan barcode
  • Memberi kelengkapan fisik koleksi
  • Penataan di rak koleksi
  • Koleksi siap untuk dilayankan

Semoga kegiatan ini berimbas positif pada pelayanan tandon excellence khususnya dan pelayanan perpustakaan UIN Sultan Syarif Kasim Riau secara keseluruhannya. Sehingga pemustaka semakin bergiat untuk pemanfaatan dan kunjungan ke perpustakaan yang kita cintai ini. (*Rasda

About Ekosp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *