Kamis– 27 November 2025. Perpustakaan UIN Sultan Syarif Kasim Riau, terus berbenah untuk mewujudkan pelayanan excellent bagi kepuasan dan kenyamanan pemustaka. Berbagai upaya peningkatan kualitas pelayanan serta memenuhi kebutuhan akses dan informasi pemustaka kampus yang sangat bervariasi, perpustakaan kini tengah melakukan berbagai pembenahan untuk mewujudkan pelayanan excellent. Langkah ini dilakukan sebagai bentuk komitmen untuk menghadirkan perpustakaan yang modern, ramah pengguna, dan relevan dengan perkembangan era digital.

Kepala perpustakaan UIN Sultan Syarif Kasim Riau Dr. H. Muhammad Tawwaf, S.IP., M.Si “menyebutkan bahwa transformasi layanan menjadi prioritas utama perpustakaan di setiap program yang kita rencanakan, seperti di tahun ini terdapat beberapa inovasi telah kita laksanakan, hal ini dilakukan guna memastikan bahwa perpustakaan bukan hanya tempat peminjaman buku, tetapi menjadi ruang edukasi yang nyaman, inklusif, dan adaptif terhadap perubahan teknologi.”
Sejumlah inovasi telah dilaksanakan, diantaranya:
- Digitalisasi koleksi dan penyediaan layanan e-library untuk memudahkan akses bagi pemustaka.
- Peningkatan kompetensi pustakawan melalui pelatihan, sertifikasi dan mengikuti kegiatan kepustakawan seperti seminar, konferensi serta kegiatan-kegiatan peningkatan wawasan lainnya untuk mencapai layanan prima, literasi informasi, dan penguasaan teknologi informasi.
- Penataan ulang ruang layanan, termasuk ruang baca dan ruang layanan yang lebih estetik, fungsional serta terorganisir dengan mengedepankan kebutuhan dan kenyamanan pemustaka, serta fasilitas ramah disabilitas.
- Sistem sirkulasi mandiri dan layanan konprehensif untuk yang mempercepat proses peminjaman dan pengembalian koleksi.
- Program literasi berkelanjutan yang dirancang sesuai kebutuhan pemustaka, terkhusus bagi pemustaka baru seperti mahasiswa baru Angkatan berjalan.

Pembenahan ini disambut antusias oleh para pemustaka. Mereka menilai perubahan yang dilakukan memberikan pengalaman baru yang lebih nyaman dan efisien. “Sekarang jauh lebih mudah mencari koleksi, dan pustakawannya sangat membantu,” ungkap salah satu pemustaka. “Perpustakaan sudah semakin memberikan kenyamanan bagi kami dalam belajar dan menemukan buku-buku yang kami perlukan” ujar mahasiswa lainnya.

Melalui berbagai langkah strategis ini, perpustakaan menegaskan perannya sebagai pusat pengetahuan yang terus berkembang. Diharapkan, upaya peningkatan layanan ini mampu menjadikan perpustakaan sebagai ruang publik yang lebih menarik, inspiratif, dan menjadi pilihan utama civitas akademika dan Masyarakat kampus dalam mengakses informasi. *Rasda

Perpustakaan UIN Suska Riau Perpustakaan Jantungnya Universitas