Perpustakaan UIN Suska Riau ikut berperan melakukan pengabdian masyarakat dengan melakukan berbagai kegiatan baik internal maupun eksternal. Salah satu kegiatan eksternal yang dilakukan adalah pembinaan pengelola perpustakaan sekolah/madrasah di Kecamatan tanah Merah Kuala Enok Kabupaten Indragiri Hilir sebagi wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi. Berdasarkan hasil survei bahwa perpustakaan sekolah/madrasah masih di pimpin dan dikelola oleh guru sebagai pustakawan, sehingga pengelolaannya belum maksimal karena mereka para guru tidak memiliki ilmu pengetahuan tentang cara tata kelola perpustakaan yang merupakan sarana prasarana pendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat sentral peranannya di sekolah/madrasah. Sebagian besar pepustakaan sekolah/madrasah di Riau belum terakreditasi oleh Perpustakaan Nasional RI sehingga layanan yang diberikan juga belum memenuhi standar nasional. Hal ini disebabkan oleh pada umumnya tata kelola standar perpustakaan yang belum dipahami oleh pengelola dalam hal ini guru yang merangkap sebagai pustakawan. Tata kelola dalam penilaian akreditasi menjadi poin penting dan memiliki proporsi paling tinggi karena secra teknis tata kelola memiliki standar operasional prosedur (SOP) yang secara teknis dimulia dari pengembangan koleksi, pengadaan koleksi, inventarisasi, pengolahan, penyusunan koleksi di rak dan perawatan.
Demikian halnya metode pelaksanaan dilakukan dengan tahapan sosialisasi, pelatihan, pendampingan. Hasil yang dicapai yakni mitra sepakat dengan program pelatihan dan pendampingan yang ditawarkan. Bimbingan Teknis Akreditasi Perpustakaan Sekolah/Madrasah diikuti oleh Pengelola Perpustakaan Sekolah/Madrasah Se-Kacamatan Tanah Merah dengan hasil sangat antusias dan memuaskan yang ditunjukkan dengan 90% peserta aktif berdiskusi. Antusiasme peserta juga ditunjukkan oleh hasil evaluasi pelatihan Tata Kelola Perpustakaan Sekolah/Madrasah. Komunikasi yang berlanjut paska program seputar tata kelola perpustakaan menjadi bukti program pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan sangat bermanfaat dalam pengembangan perpustakaan sekolah/madrasah di Riau.
Editor : Muhd. Tawwaf