Membersamai Pemilihan Pustakawan Berprestasi Provinsi Riau

Pemilihan Pustakawan Berprestasi, sebuah event tahunan nasional dari Pusat Pembinaan Pustakawan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Pemilihan pustakawan berprestasi ini, dilakukan secara berjenjang. Pustakawan berprestasi yang diikutsertakan pada tingkat nasional merupakan pustakawan berprestasi terbaik pada tingkat provinsi.

Seleksi tingkat provinsi ini, kewenangan tentang mekanisme lomba menjadi hak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan di provinsi masing-masing, namun tetap berpedoman pada jukni yang telah disusun oleh Pusat Pembinaan Pustakawan Perpusnas RI, sehingga sangat memungkin jika tiap provinsi memiliki mekanisme lomba yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sangat dianjurkan agar pustakawan di provinsi berperan aktif mencari tahu tentang mekanisme dan tanggal penting pelaksanaan seleksi di provinsi masing-masing.

Di Provinsi Riau, seleksi sudah dimulai sejak bulan Mei 2020, dengan batas akhir penyerahan/ pengiriman  berkas tanggal 25 Juni 2021 pukul 16.00. Tanggal 26 s/d 28 Juni 2021, panitia melakukan verifikasi berkas dan dilanjutkan dengan pemanggilan peserta yang lulus seleksi berkas.

Puncak acara dilaksanakan pada tanggal 30 Juni 2021, bertempat di Ruang Bedah Buku Lantai 3 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau. Peserta lulus seleksi berkas, berjumlah 9 orang yang merupakan utusan dari berbagai instansi perpustakaan baik pada tingkat Perguruan Tinggi, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan maupun Perpustakaan Sekolah.

Tim juri lomba, berjumlah 3 orang, diketuai oleh Hj. Rasdanelis, S.Ag, SS, M.Hum merangkap anggota, ibu Dr. Nurhafni sekretaris merangkap anggota dan ibu Nining Sudiar, M.IP. Acara dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau Dr. Hj. Rahima Erna, M.Si. Kadis, dalam sambutannya melalui zoom meeting,  berpesan “agar proses seleksi ini dapat berlangsung secara sportif dan kompetitif, sehingga benar-benar menghasilkan pemenang yang unggul”.

Acara juga dihadiri oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten/ Kota se-provinsi serta pustakawan di lingkungan perpustakaan Perguruan Tinggi. Kegiatan berlangsung secara offline dan online dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan.

Pada seleksi ini, ada empat kriteria penilaian, yakni penilaian kognitif bobot 10%, penilaian fortofolio bobot 20%, penilaian wawancara bobot 35% dan penilaian presentasi bobot 35%” ungkap ketua Tim Juri Hj. Rasdanelis, S.Ag, SS, M.Hum. “dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan, diharapkan peserta dapat melalui tahapan demi tahapan seleksi lomba secara baik dan lancar, sehingga diakhir acara kita dapat menetapkan pustakawan berprestasi terbaik tingkat provinsi Riau” imbuhnya.

Prosesi acara seleksi berlangsung secara tertib, diawali dengan test kognitif secara online sehingga peserta dapat mengetahui score akhir perolehannya. Seleksi kedua, yakni wawancara dan diteruskan dengan test presentasi. Pada test presentasi ini, masing-masing peserta memaparkan materi sesuai dengan karya ilmiah yang telah dijadikan sebagai syarat berkas lomba. Selain tiga kriteria penilaian tersebut, tim juri juga melakukan penilaian fortofolio peserta.

Di akhir acara lomba, dengan terlebih dahulu melakukan rapat penentuan pemenang, Tim Juri diwakili oleh Hj. Rasdanelis selaku ketua tim, mengumumkan pemenang lomba, yang terdiri atas pemenang 1, 2, 3 dan pemenang harapan 1, 2 dan 3. Pemenang ke-satu Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik tingkat provinsi Riau diraih oleh Dody Prayitno, S.IP Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau. “Pak Dody akan mewakili Provinsi Riau pada seleksi Pustakawan Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2021. Semoga prestasi ini akan terulang pada tingkat nasional nantinya. Tetaplah Berjaya pustakawan Indonesia, terkhusus pustakawan provinsi Riau, senantiasa meciptakan kreativitas unggul untuk kecerdasan generasi penerus bangsa. Salam literasi dan jayalah Pustakawan Indonesia”  imbuh ketua Tim Juri mengakhiri pengumumannya. (rasda)

About adminpustaka

Check Also

Bedah Buku “Di Ujung Waktu”

Rabu bertepatan dengan 22 Mei 2004 bertempat di Gedung PKM (Pusat Kegiatan Mahasiswa) Pascasarjana UIN …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *